Gedung SMP Kristen Petra 4    

Gedung SMP Kristen Petra 4

Proses belajar mengajar dilaksanakan di tempat ini.

Cheerleader SMP Kristen Petra 4    

Cheerleader SMP Kristen Petra 4

Kami siap mendukung tim olahraga SMP Kristen Petra 4 saat bertarung untuk meraih yang terbaik!

Frontpage Slideshow | Copyright © 2006-2012 JoomlaWorks Ltd.

Pemimpin Sejati Siap Bertugas

IMG_7184.JPGIMG_7242.JPG

Bertepatan dengan Hari Pahlawan, Kamis 10 November 2016, SMP Kristen Petra 4 Sidoarjo mengadakan pelantikan pengurus OSIS periode 2016/2017. Pelantikan ini dilaksanakan setelah diadakannya  pemilu terbuka untuk calon ketua Osis yang baru pada bulan Oktober. Sebanyak 31 siswa pengurus OSIS yang baru, mulai dari ketua, sekretaris, bendahara, dan seksi-seksi bidang, dilantik langsung oleh Kepala Sekolah, Drs. Djoko Eko Suhartono, M.Pd. Penyerahan kepengurusan OSIS secara simbolis dilaksanakan dengan penyerahan bendera oleh pengurus OSIS inti 2015/2016 kepada pengurus OSIS inti yang baru.Dalam pelantikan ini, kepala sekolah menyematkan selempang kepada pengurus inti dan membacakan ikrar pelantikan yang ditirukan oleh pengurus OSIS yang baru.

Urutan prosesi selanjutnya adalah penandatanganan berkas-berkas oleh ketua OSIS yang lama, Princess Natalie Budi Kriswanda dan ketua OSIS yang baru, Sendria Immanuel KristiantoDiharapkan dengan diadakannya pelantikan pengurus OSIS yang bertepatan dengan  Hari Pahlawan, pengurus OSIS dapat meneladani semangat juang para pahlawan. Dengan demikian, mereka dapat melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab, disiplin, dan menjunjung tinggi kerja sama dalam menjalankan roda organisasi OSIS kedepannya.

Upacara dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan–penghargaan kepada tim basket putri SMP Kristen Petra 4 yang telah memenangkan juara 1 pada liga JRBL 2016, juara IPA pada lomba SLINC beberapa waktu lalu, dan juga lomba-lomba yang lainnya. Tak lupa, penghargaan dan ucapan terima kasih diberikan kepada mantan ketua OSIS masa bakti 2015/2016, Princess Natalie Budi Kriswanda atas dedikasinya selama periode masa bakti 2015/2016.

By : Maurent Lavena Stephanie

Klimaks Petra 4
Sandang Gelar Juara Tim Putri Susul Tim Putra Setelah 3 Tahun

Champion

 SURABAYA - Lebih dari seribu penonton berdatangan ke DBL Arena untuk menyaksikan liga pertandingan akhir, Sabtu (5/11) yang menentukan sang juara antar sesama saudara, Petra 1 Surabaya Vs Petra 4 Sidoarjo ( Trapat ). Skill yang dimiliki keduanya sungguh merata, dan di babak-babak sebelumnya pun mereka selalu memenangkan pertandingan dengan jarak skor yang cukup jauh dengan lawan. Kekuatan kedua tim ini diadu di Final Party Junio JRBL Surabaya Series 2016 untuk membuktikan yang terunggul. 

Tim Petra 4 benar-benar termotivasi untuk memenangkan final tahun ini. Permainan apik tak hanya ditunjukan oleh tim inti saja namun kerja sama dengan tim cadangan juga terlihat. Kapten sekaligus playmaker Trapat, Christina Michelle Susanto mengoptimalkan mainnya dengan teknik yang sangat baik. Trapat memiliki akan kekuatan mental dan defense yang menonjol. " Memang Tim Petra 4 ini terus diingatkan bahwa defense adalah yang pertama, dengan demikian mental mereka secara otomatis terbentuk sendiri, keakraban antar tim dan pelatih juga sangat diperlukan." ujar head coach Trapat, Andre Kurniawan. Kesuksesaan Andre Kurniawan dan Drs. Tegoeh Soepijanto. dalam melatih para pemain membuat Trapat terus mendominasi pertandingan bergengsi ini.  

 Ketinggalan skor sejak awal kuarter, Petra 1 tentu tak mau kalah dengan Petra 4, mereka bermain lebih ngotot demi membalap tim lawan. Strategi untuk meredam tombak Trapat yang sulit dihadang satu orang dengan memperbaiki cover defense untuk mencegah guard Trapat Christina Michelle Susanto mencetak banyak poin sudah mereka jalankan. Namun, hal tersebut masih belum berhasil menghadang Christina untuk melakukan shooting, Ia bahkan tidak kehabisan akal untuk mencari celah. Strategi Coach Petra 1, Liem Filixs sangat bagus. Selain itu, Pick-and-roll yang diterapkan Petra 4 sukses membuka peluang terhadap defense ketat Petra 1 di paint area. Alhasil Petra 4 mampu menundukkan saudara tuanya tersebut.

Tak mudah perjalanan Tim Putri Petra 4 dari awal penyisihan babak utama hingga menuju final. "Sebenarnya kami tidak pernah menduga kalau akan menang di final, karena lawan kami sendiri juga sangat kuat, tapi kami percaya semuanya itu mungkin terjadi kalau ada kemauan yang keras." ucap sang MVP, Christina Michelle Susanto. Tahun ini tim putri Petra 4 melahirkan sejarah baru yang membanggakan, setelah kemenangan yang sempat diraih tim putra Trapat di tahun 2005 dan 2013. Dengan hasil akhir 41-32, Trapat berhasil membawa pulang piala Junio JRBL Surabaya Series 2016. Selamat kepada champion, SMP Kristen Petra 4 Sidoarjo.

By : Jocelyn Valencia

 

SURABAYA - Lebih dari seribu penonton berdatangan ke DBL Arena untuk menyaksikan liga pertandingan akhir, Sabtu (5/11) yang menentukan sang juara antar sesama saudara, Petra 1 Surabaya Vs Petra 4 Sidoarjo ( Trapat ). Skill yang dimiliki keduanya sungguh merata, dan di babak-babak sebelumnya pun mereka selalu memenangkan pertandingan dengan jarak skor yang cukup jauh dengan lawan. Kekuatan kedua tim ini diadu di Final Party Junio JRBL Surabaya Series 2016 untuk membuktikan yang terunggul.

 

Tim Petra 4 benar-benar termotivasi untuk memenangkan final tahun ini. Permainan apik tak hanya ditunjukan oleh tim inti saja namun kerja sama dengan tim cadangan juga terlihat. Kapten sekaligus playmaker Trapat, Christina Michelle Susanto mengoptimalkan mainnya dengan teknik yang sangat baik. Trapat memiliki akan kekuatan mental dan defense yang menonjol. " Memang Tim Petra 4 ini terus diingatkan bahwa defense adalah yang pertama, dengan demikian mental mereka secara otomatis terbentuk sendiri, keakraban antar tim dan pelatih juga sangat diperlukan." ujar head coach Trapat, Andre Kurniawan. Kesuksesaan Andre Kurniawan dan Drs. Tegoeh Soepijanto. dalam melatih para pemain membuat Trapat terus mendominasi pertandingan bergengsi ini.

Gambar : Kemenangan tim basket putri SMP Kristen Petra 4 di JRBL 2016

 

Ketinggalan skor sejak awal kuarter, Petra 1 tentu tak mau kalah dengan Petra 4, mereka bermain lebih ngotot demi membalap tim lawan. Strategi untuk meredam tombak Trapat yang sulit dihadang satu orang dengan memperbaiki cover defense untuk mencegah guard Trapat Christina Michelle Susanto mencetak banyak poin sudah mereka jalankan. Namun, hal tersebut masih belum berhasil menghadang Christina untuk melakukan shooting, Ia bahkan tidak kehabisan akal untuk mencari celah. Strategi Coach Petra 1, Liem Filixs sangat bagus. Selain itu, Pick-and-roll yang diterapkan Petra 4 sukses membuka peluang terhadap defense ketat Petra 1 di paint area. Alhasil Petra 4 mampu menundukkan saudara tuanya tersebut.

 

Tak mudah perjalanan Tim Putri Petra 4 dari awal penyisihan babak utama hingga menuju final. "Sebenarnya kami tidak pernah menduga kalau akan menang di final, karena lawan kami sendiri juga sangat kuat, tapi kami percaya semuanya itu mungkin terjadi kalau ada kemauan yang keras." ucap sang MVP, Christina Michelle Susanto. Tahun ini tim putri Petra 4 melahirkan sejarah baru yang membanggakan, setelah kemenangan yang sempat diraih tim putra Trapat di tahun 2005 dan 2013. Dengan hasil akhir 41-32, Trapat berhasil membawa pulang piala Junio JRBL Surabaya Series 2016. Selamat kepada champion, SMP Kristen Petra 4 Sidoarjo.(Jocelyn Valencia/P4)

Jadilah Generasi Muda Penerus Bangsa

IMG-20161122-WA0032.jpgIMG-20161122-WA0042.jpg

“Kami putra dan putri Indonesia menjunjung tinggi bahasa persatuan, bahasa Indonesia”. Penggalan kalimat sumpah pemuda tersebut menyatakan lahirnya bahasa Indonesia serta sebuah pengakuan akan kecintaan rakyat terhadap bahasa nasional kita. Dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda, Hari Bulan Bahasa dan Hari Pahlawan, SMP Kristen Petra 4 mengadakan serangkain acara untuk menumbuhkan sikap cinta tanah air, bela Negara, dan rasa bangga terhadap bahasa Indonesia. 

Lomba Bulan Bahasa ini dilaksanakan pada tanggal 4 November 2016 dan  dimulai sejak pukul 10 pagi, setelah Persekutuan Doa Kelas. Lomba yang diadakan pun cukup beragam mulai dari mading atau majalah dinding, cerita bersambung, menulis artikel, TTS, menggambar cover majalah cakra, modern dance, story telling, membaca berita bahasa Jawa, siaran radio, band, cooking, dan juga peminjam buku terbanyak di perpustakaan. Lokasi diadakannya lomba ini mulai dari perpustakaan, lab biologi, lapangan tengah, kelas 9.2, kelas 9.3, depan kelas, dll. Beberapa lomba tertentu sudah diadakan mulai tanggal 27 Oktober hingga 4 November 2016. Para siswa mengikuti lomba dengan sangat antusias dan semangat tinggi.

Kita sebagai generasi muda dan penerus bangsa harus memiliki semangat rajin belajar dan rasa ingin tau yang tinggi agar dapat membuat Indonesia semakin maju. Sikap postif dari para pahlawan juga harus kita contoh misalnya, sikap pantang menyerah, selalu berpikir positif, rela berkorban, dll. Jasa mereka juga harus selalu kita ingat karena tanpa mereka keadaan Indonesia tidak akan seperti sekarang, Oleh karena itu, kita harus selalu menghargai jasa pahlawan, mengenang mereka, dan juga melanjutkan perjuangan mereka. Semangat!

Report : Maurent Lavena Stephanie

Becoming Jesus Followers And Servant

IMG_7875.JPGIMG_7770.JPGIMG_7390.JPG

Kamis, 10 November 2016 – Sabtu, 12 November 2016… Ya! Pada tanggal itulah kami anggota tim PD periode 2016/2017 SMP PPPK Petra mengikuti kegiatan LKPD (Latihan Kader Persekutuan Doa) di Wisma GKI Pacet, Mojokerto. 2 jam lamanya perjalanan yang harus kami tempuh. Sampai di sana kami menuju ke aula untuk pengarahan dan pembagian kamar. Setelah selesai, kami diberi waktu untuk menaruh barang kami di kamar kami masing-masin dan juga berkenalan dengan teman sekamar kami. Kami pun tak lupa untuk mengisi perut kami dengan makanan lezat yang telah disediakan. Saat yang telah ditunggu-tunggu pun tiba, waktunya games! Kelompok games ditentukan dan diacak oleh bapak ibu guru, agar kami bisa saling berkenalan dan mendapat teman baru yang berasal dari sekolah Petra yang berbeda-beda. Dalam 3 games yang kami ikuti, kami dapat mengerti betapa pentingnya sebuah kerja sama, toleransi, dan kesabaran dalam bergaul dengan sesama kita.Matahari pun mulai terbenam, kini saatnya kami melanjutkan acara kami yaitu “Night Of Worship pada pukul 18.30 WIB. Setelah menyimak bagaimana cara menampilkan sebuah Persekutuan Doa yang benar, kami diajak untuk mendiskusikannya dengan kelompok kami. Pada sesi “Sharing And Discussion” ini, kami jadi mengerti apa saja tata urutan dalam sebuah ibadah, antara lain; Jemaat berhimpun, pelayan firman, persembahan, serta pengutusan dan berkat. Karena hari semakin gelap, kami segera turun untuk melahap makan malam kami dan beristirahat. Cahaya matahari pun mulai menembus kaca jendela kamar dan mulai membangunkan kami. Ada yang berbeda pada hari ini, kami semua diwajibkan untuk tidak berbicara apapun setelah bangun, makan pagi, dan sampai pada sesi “Meditation” dimulai. Pada sesi Meditation kami dipimpin oleh ibu Ivana. Bu Ivana mengajak kami untuk merenungkan bahwa kami adalah anak pilihan Tuhan yang dipilihNya untuk melayani Tuhan.

Kami pun melanjutkan acara kami yaitu “Group Dynamic”. Kami akan dibagi menjadi beberapa kelompok besar sesuai dengan kemampuan kami. Ada group untuk para Liturgos/Worship Leader (WL), group pemusik, group pembaca alkitab, group song leader (singer), group multimedia, dan yang lainnya. Pada kesempatan ini, kami jadi bisa mengerti bagaimana cara menjadi seorang WL, singer, pemusik, atau bahkan seorang operator multimedia yang baik dan benar. Tak lupa untuk menampilkan penampilan kami bersama kelompok masing-masing. Banyaknya masukan dan komentar dari teman dan guru yang kami terima tidak kami abaikan begitu saja, karena masukan tersebutlah yang dapat membangun kami agar kami dapat memperbaiki segala kesalahan kami dan dapat belajar untuk menjadi lebih baik lagi.

Hari sudah semakin sore, kini saatnya kami melaksanakan "Student Workshop". Kami dibagi menjadi 2 kelompok, yang pertama yaitu P1 dengan P5 yang akan menampilkan sebuah kreativitas (drama, paduan suara, dll). Kelompok yang kedua yaitu P2, P3, dan P4 akan berkolaborasi untuk menampilkan sebuah ibadah (sesi pujian, votum dan salam, pengakuan dosa, dll). Setelah kami menampilkan semua kemampuan kami yang telah kami pelajari tadi siang, guru-guru mengajak kami untuk baris sesuai dengan sekolah dan guru masing-masing untuk mengelilingi Wisma GKI. Kami pun berhenti dan membentuk lingkaran dengan tim PD sekolah kami. Guru kami menjelaskan sekali lagi bahwa kami adalah anak-anak terpilih dari sekian banyak anak disekolah dan kami harus sadar bahwa kami juga menjadi panutan bagi teman-teman kami disekolah. Guru kami pun tak lupa untuk mengajak kami berdoa bersama.

Setelah itu, kami pun kembali ke aula untuk berkumpul bersama kembali. Di aula kami dibagikan sebuah surat oleh guru kami masing-masing. Surat itu merupakan isi hati Tuhan untuk kami. Surat tersebut berisi ayat alkitab yang sangat menyentuh hati kami. Kami pun kembali berkumpul bersama sekolah kami masing-masing untuk bercerita tentang apa saja penghambat kami dalam melayani Tuhan. Pada sesi ini lah kami merasa bahwa Tuhan menegur kami dan Tuhan ingin kami berubah menjadi lebih baik sebagai pelayan dan pengikutNya. Kami merasa sangat senang karena pada malam ini, kami dapat merasakan hadirat Tuhan yang luar biasa dalam hidup kami. Tak terasa waktu telah menunjukan pukul 22.00 WIB, tibalah saatnya kami untuk beristirahat.

Tidak terasa kami telah sampai di hari terkahir kami mengikuti kegiatan LKPD ini. Setelah membereskan barang-barang dan menaruh koper diluar, kami langsung naik ke aula untuk menutup kegiatan ini. Setelah melakukan ibadah penutup, sampailah kami pada penghujung acara yaitu kesan dan pesan serta berfoto bersama. Menurut saya kegiatan LKPD ini sangat berkesan bagi saya. Setiap sesi sangatlah berharga, karena saya dapat memelajari hal baru dalam tiap sesinya. Saya dapat mengerti bagaimana cara memimpin pujian dengan baik, mendapat teman baru, dan tentunya dapat menjadi pelayan Tuhan yang baik dan benar. Pengalaman baru ini tidak akan pernah saya lupakan!

By : Anastasia Trifena

Roadshow Babak Utama

IMG_8870.JPGIMG_8861.JPG

Pada hari Jumat, tanggal 7 Oktober 2016 yang lalu, tim JRBL mengadakan roadshow babak utama di SMP Kristen Petra 4, yang bertempat di lapangan basket. Sebelum memulai kegiatan, Bapak Djoko Eko Suhartono, selaku kepala SMP Kristen Petra 4 memberikan sambutan. Setelah sambutan dari kepala sekolah, ada sedikit pengenalan mengenai bank BRI,  produk Good Day dan Honda. Selain itu ada sesi tanya jawab, jika ada siswa yang dapat menjawab dengan benar, siswa tersebut akan mendapat hadiah.

Read more: SMP Kristen Petra 4 - Roadshow Babak Utama

boost the values reap the success