Gedung SMP Kristen Petra 4    

Gedung SMP Kristen Petra 4

Proses belajar mengajar dilaksanakan di tempat ini.

Cheerleader SMP Kristen Petra 4    

Cheerleader SMP Kristen Petra 4

Kami siap mendukung tim olahraga SMP Kristen Petra 4 saat bertarung untuk meraih yang terbaik!

Frontpage Slideshow | Copyright © 2006-2012 JoomlaWorks Ltd.

Kusahihkan Kalbu Menuju Indonesia Maju

Jeritan pemuda penuh semangat masih terngiang di kepala. Berpuluh-puluh tahun lalu memperjuangkan ibu pertiwi dari tangan penjajah asing. Tak kenal lelah tak kenal takut hadapi senjata yang menghadang di depan mata, demi mencapai kenikmatan hidup anak cucu di masa mendatang.

Gelora pemuda yang tidak dapat tergantikan dari masa ke masa kini mulai terabaikan. Hanya dengan hitungan jari saja para pemuda yang masih peduli dengan semangat taruna masa lalu. Bukan karena paksaan atau dorongan orang lain, namun bersumber dari ingatan kalbu.

Menuju masa revolusi mental, Indonesia semakin dilanda bencana. Perekonomian, pendidikan dan pangan penduduk semakin terbengkalai akibat para politikus tak bertanggung jawab. Dicap sebagai Negeri Pengkorupsi di dunia merupakan hinaan Indonesia di kancah dunia.

Masalah sosial seperti meningkatnya jumlah kekerasan terhadap anak usia dibawah umur, membuat nama Indonesia semakin surut. Keindahan alam sebagai anugerah Tuhan tak sebanding dengan rakyat yang mengelola. Kini Ibu Pertiwi sedang menangis.

Banyak bencana, semakin banyak pula kepedulian dari para pemuda. Saat ini mereka sedang berbaris satu persatu dan mulai menghadang rintangan bertahap. Memulai dengan semangat baru, sama seperti goncangan api taruna yang lalu. Bukan menggunakan sepotong bambu runcing, melainkan mental yang telah dirancang untuk menghadapi revolusi.

Segan untuk menyiakan usaha banting tulang di masa lampau, kami pemuda-pemudi berbekal ilmu yang telah diperjuangkan Kartini siap menggapai Indonesia Maju. Tidak untuk menunjukan diri dan menaikkan pangkat tetapi berdasar akan kecintaan terhadap Indonesia dan rasa nasionalisme.

Dimulai dengan hal kecil seperti ikut unjuk gigi dalam sebuah kompetisi Internasional demi meningkatkan derajat Indonesia di dunia. Turut serta dalam menanggulangi masalah-masalah sosial ditengah masyarakat. Peran itu akan semakin meningkat hingga para pemuda dapat memberi sikap patriotisme pada para remaja di masa mendatang.

Menuju revolusi mental, kami akan mengajak para penduduk dengan usia produktif mengambil peran dalam pembentukan individu dengan rasa nasionalisme tinggi. Mengubah sikap para remaja dengan kebiasan menggenggam handphone ditangannya menjadi pengharum nama pertiwi di masa mendatang. Mengubah kata malas menjadi “Ya, Aku Bisa”. Menggegerkan dunia dengan gairah yang berapi-api. Tidak hanya menjadi pemimpin dalam sebuah kelompok saja, namun memimpin Indonesia ke gerakan lebih maju dan bukan mundur.

Kini kan kuambil daunmu yang berguguran. Mengheningkan cipta dan tak akan kuinjak-injak jasamu. Jasa yang telah membuat kami dapat berdiri tegak disini. Di tanah Indah, tanah Indonesia.

Penyusun:
Shintya kelas 9.1
(Juara 1 penulis artikel terbaik dalam Bulan Bahasa 2015 SMP Kristen Petra 4 Sidoarjo)

Pulang Membawa Kemenangan

 pulang membawa kemenangan

Pada hari Selasa, 6 Maret 2018 tim paduan suara SMP Kristen Petra 4 mengikuti lomba yang diselenggarakan PPPK Petra di SMA Petra 1 Surabaya. Lomba ini diselenggarakan dalam rangka merayakan hari Paskah.  Sebelum berangkat ke SMA Kr. Petra 1, kami berkumpul dan melakukan latihan pemanasan pada vokal kami. Tak lupa kami berdoa agar apa yang sudah kami upayakan sampai detik ini memperoleh hasil yang terbaik bagi kemuliaan Tuhan. Setelah berdoa kami menuju tempat lomba didampingi Bu Sri Mardianingsih.  Perjalanan dari Sidoarjo menuju ke Surabaya memakan waktu kurang lebih 1 jam. Ternyata kami adalah peserta pertama yang datang. Setelah beberapa tim paduan suara dari sekolah lain datang, kami disuruh mendaftar dan mengambil nomor untuk tampil. Sekolah kami mendapat nomor undian ke-2 dari 5 sekolah yang terdaftar.

Pada saat itu masih ada peserta paduan suara dari SD yang tampil, sehingga tidak membuang-buang waktu dan memanfaatkan waktu yang ada untuk berlatih dan melakukan pemanasan. Ditengah-tengah latihan, kami dipanggil untuk mempersiapkan diri di auditorium. Selesai mendengar peraturan yang disampaikan oleh pihak panitia, kami bersiap di belakang panggung setelah urutan pertama tampil. Kami menunggu di belakang panggung dengan jantung yang berdebar keras. Pelatih kami menenangkan kami dengan meyakinkan kami untuk berusaha semaksimal mungkin dan tak lupa untuk tersenyum.  Sebelum kami memasuki panggung kami berdoa terlebih dahulu.  Akhirnya tiba saatnya tim sekolah kami tampil.

Read more: SMP Kristen Petra 4 - Pulang Membawa Kemenangan

Basket Junior JRBL 2013

dream team

Perjuangan panjang bagi Dream Team, sebutan akrab tim basket putra SMP Kristen Petra 4 Sidoarjo untuk dapat memenangkan kompetisi basket Junior JRBL 2013. Atas bantuan coach muda, Andre Kurniawan juga semangat para pemain yang terus membara serta dukungan dan doa seluruh warga petra 4 yang senantiasa menyertai mereka dari awal hingga akhir, Dream Team akhirnya mengantongi gelar juara.

Read more: SMP Kristen Petra 4 - Basket Junior JRBL 2013

Solo Religious Vocal Competition 2012

srv_01.jpgsrv_02.jpgsrv_03.jpg

Tidaklah berlebihan jika Bagas disebut sebagai pendulang emas dari suara merdu yang dimilikinya. Belum lagi bila ditambahkan dengan teknik vokal dan penguasaan panggungnya yang terlatih, yang membuat talenta Bagas semakin bersinar. Namun semua kelebihan ini tidak membuat Bagas menjadi tinggi hati. Baginya, karena talenta ini merupakan anugerah dari Tuhan, maka bila Tuhan memberinya kesempatan, tentu ia akan melakukan yang terbaik sebagai bentuk ungkapan syukur dan persembahannya kepada Tuhan.

Oleh karena itu, Bagas selalu melatih teknik vokal dan mengasah talentanya dengan mengikuti berbagai kompetisi seperti Solo Religious Vocal Competition 2012 yang diikutinya pada hari Sabtu tanggal 31 Maret 2012 yang lalu sebagai perwakilan dari sekolahnya, SMP Kristen Petra 4 Sidoarjo. Dalam kompetisi se-Jawa Timur ini, Bagas benar-benar berlatih dan berusaha semaksimal mungkin. Puji Tuhan, ia pun berhasil meraih juara II dalam kompetisi tersebut.

HARD WORK OR GO HOME !

p4bc_01.jpgp4bc_03.jpgp4bc_02.jpg

Awal yang tak mudah bagi kami untuk menghadapi P4BC (Petra basketball Competition) yang diadakan oleh SMA Kristen Petra 4 pada tanggal 29 Mei - 4 Mei.  Ada banyak rintangan yang kami hadapi, salah satunya tidak bisa berlatih dengan intensif bersama dengan anak kelas 9, karena mereka sedang menghadapi ujian.

Read more: SMP Kristen Petra 4 - HARD WORK OR GO HOME !

boost the values reap the success