Gedung SMP Kristen Petra 4    

Gedung SMP Kristen Petra 4

Proses belajar mengajar dilaksanakan di tempat ini.

Cheerleader SMP Kristen Petra 4    

Cheerleader SMP Kristen Petra 4

Kami siap mendukung tim olahraga SMP Kristen Petra 4 saat bertarung untuk meraih yang terbaik!

Frontpage Slideshow | Copyright © 2006-2012 JoomlaWorks Ltd.

3 Hari Yang Penuh Makna

Pada tanggal 18-20 Juli 2016 siswa siswi kelas 7 SMP Kristen Petra 4 melaksanakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah Peserta Didik Baru. Program ini memiliki berbagai kegiatan yang sangat beragam mulai dari pencerahan, penampilan kreativitas siswa serta games yang membantu meningkatkan keakraban antar satu sama lain.

Mari mengintip kegiatan mereka selama 3 hari di SMP Kristen Petra 4 tercinta. Pada hari Senin, 18 Juli 2016 para peserta didik baru memulai program MPLSPDB mereka untuk pertama kalinya. Hari pertama MPLSPDB dibuka dengan upacara yang dipandu oleh kakak-kakak OSIS serta penyematan tanda peserta didik baru tahun ajaran 2016-2017 yang dilakukan oleh kepala sekolah MPLSPDB Drs.Djoko Eko Suhartono, M. Pd.

Walaupun merasa letih mengikuti upacara, ekspresi riang tetap terpancar di wajah mereka. Setelah MPLSPDB tahun ajaran 2016-2017 resmi dibuka, para peserta didik baru melanjutkan kegiatan mereka dengan menerima informasi mengenai jadwal pembelajaran mereka selama di TRAPAT, mendapatkan pencerahan mengenai wawasan Wiyata Mandala, memahami pentingnya membaca, serta pengenalan dengan kakak-kakak OSIS dan ice breaking ceria yang beragam. Namun tak hanya itu saja, Sebagai warga Petra 4 mereka tentu harus mengenal  denah lokasi sekolah, agar tidak kebingungan mencari tempat-tempat penting sekolah yang ingin mereka tuju, sekitar pukul 08:20-10:00 para peserta didik baru dengan dibimbing kakak kakak OSIS bersama-sama berbaris rapi sesuai kelas mereka masing-masing. Dengan barisan tertib mereka melangkahkan kaki dari satu tempat ke tempat lainnya. Ketika bel istirahat telah berbunyi mereka dengan tertib pula kembali ke kelas dan menikmati  bekal dari rumah yaitu bekal 4 sehat 5 sempurna yang berhubungan dengan salah satu program sekolah yaitu P untuk Physical Growth. Pada pukul 11:40 mereka dihimbau untuk kembali ke aula dan diberikan informasi mengenai visi dan misi Petra yang disajikan oleh Ibu Sri Mardianingsih,S.Pd. Waktu yang terus berputar membuat mereka harus segera mengakhiri kegiatan MPLSPDB di hari pertama ini. Pada pukul 12:30 mereka semua kembali ke rumah masing-masing dan mempersiapkan diri untuk hari esok.

Pada hari selanjutnya tanggal 19 Juli 2016, para peserta didik baru kembali ke sekolah dengan wajah segar dan pakaian rapi serta tawa yang mereka berikan satu sama lain.  Kegiatan di hari kedua ini lebih banyak diisi di ruang kelas masing-masing dengan adanya berbagai materi yang disajikan oleh para guru, seperti materi belajar efektif, tata krama dan Pramuka. Hal ini membuktikan bahwa hasil dari sebuah proses belajar bukan hanya pengetahuan, melainkan juga tindakan. Setelah mendengarkan materi luar biasa yang disampaikan para guru, kini tiba saatnya bagi mereka untuk menyiapkan penampilan apreasiasi seni di esok hari. Setelah kurang lebih 25 menit waktu yang diberikan, bel sekolah pun menunjukkan bahwa mereka harus berpisah kembali. Ketika hari terakhir MPLSPDB telah tiba pada Rabu, 20 Juli 2016, nampak perasaan berseri di wajah mereka karena akan mengawali proses pembelajaran. Namun, tak lepas dari hal itu para peserta didik baru tetap menunjukkan antusias mereka untuk mengikuti berbagai kegiatan di hari terakhir ini. Mereka mengawali kegiatan kali ini dengan senam bersama yang dipimpin oleh Pak Tegoeh, dan melanjutkannya dengan kegiatan Go Green Our School, dan OutBond. Out Bond di MPLSPDB ini sungguh menyenangkan dan menjadi pengalaman tersendiri bagi para peserta didik baru, apalagi ketika mereka mendapat tantangan yang tak biasa dari para guru untuk membuat menara dari sepatu. Setelah setengah hari mengisi waktu bersama dan menguras tenaga, mereka mengisi perut yang kosong terlebih dahulu. Pada pukul 10:20-11:00 , mereka harus segera kembali ke aula untuk melakukan ibadah bersama yang dipandu oleh kakak-kakak persekutuan doa serta firman yang disampaikan oleh Bapak Melwed Layratu,S.Si Pada saat jam telah menunjukkan pukul 11:00 para siswa dan siswi mempersiapkan diri untuk memberikan penampilan terbaik di hari terakhir MPLSPDB, mulai dari suara yang merdu hingga harmonisasi musik yang menyatu mereka tunjukkan kepada para guru serta kakak-kakak OSIS. Sekitar pukul 12:00 Kegiatan MPLSPDB ini ditutup dengan upacara kembali, dan pada pukul 12:30 Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah Peserta Didik Baru resmi ditutup. Ketika seorang siswa ditanya mengenai kesan selama MPLSPDB di tahun 2016 ini, ia menjawab bahwa mereka mendapatkan banyak pengetahuan yang sangat bermakna selama tiga hari.

Sebuah mata uang selalu berlaku disetiap masa dan itu adalah ilmu dan keterampilan. Jika mereka tidak memiliki keduanya, maka mereka tidak bisa membeli apapun. Oleh karena itu, untuk mencapai ilmu dan keterampilan setinggi mungkin, mereka mempersiapkan diri dalam mengikuti proses pembelajaran di bangku kelas VII esok hari.

Jocelyn Valencia  9.3 

        

IMG_6348.JPGIMG_6205.JPGIMG_6002.JPG

boost the values reap the success