| |

kepsek 2019 2020

Kunjungan saudara kami sambut dengan penuh suka cita

Rasa syukur kami ungkapkan kepada Tuhan pemilik kehidupan yang telah menyertai dan membawa kita semua untuk bersua di tahun ajaran 2019/2020. Sekolah sebagai lembaga pendidikan harus dibangun dengan maksud dan tujuan yang jelas dan menjawab kebutuhan orang tua untuk memberikan pendidikan bagi putra putrinya. SMP Kristen Petra 4 memiliki komitmen yang kuat untuk mewujudkan Visi PPPK Petra yaitu Menjadi lembaga pendidikan holistik, inspiratif dan berprestasi dengan sepenuh hati bagi Tuhan dan Sesama. Paradigma pendidikan holistik adalah cara memandang pendidikan yang menyeluruh. Membangun secara utuh dan seimbang pada setiap siswa dalam seluruh aspek pembelajaran, yang mencakup spiritual, moral, imajinatif, intelektual, budaya, estetika, emosi dan fisik. Program nyata yang sudah kami praktikkan yaitu “Student Learning Outcomes”, 5 aspek sasaran pengembangan P.E.T.R.A. (Physical Growth, Emotional Intelligence, Talent Development, Religious Education, Academic Excellence)  serta penanaman budaya yang baik juga diterapkan dalam kehidupan keseharian di sekolah.

Model pembelajaran yang diterapkan adalah pembelajaran interaktif. Dengan model pembelajaran interaktif siswa lebih banyak kesempatan untuk melibatkan keingintahuannya pada objek yang akan dipelajari, melatih siswa untuk mengungkapkan rasa ingin tahu melalui pertanyaa-pertanyaan yang diajukan. Memberikan sarana bermain bagi siswa melalui kegiatan eksplorasi dan investigasi, guru sebagai fasilitator, motivator, perancang aktivitas belajar, dengan demikian belajar akan lebih bermakna. Pembelajaran model (pembelajaran kelas terbalik), siswa mempelajari materi pelajaran di rumah (melalui menonton video pembelajaran, membuat rangkuman, mencatat poin-poin penting, membuat pertanyaan, diskusi dengan teman secara online, atau membaca sumber-sumber yang dibutuhkan), kemudian mengerjakan tugas-tugas untuk penguatan di kelas. Di dalam kelas ada juga diskusi, praktik laboratorium, penjelasan terhadap konsep-konsep yang belum dipahami siswa, tetapi ini sifatnya untuk penguatan atau pendalaman. Dengan demikian kita menerapkan pendidkan 4.0, berbagai cara untuk mengintegrasikan  teknologi cyber ke dalam pembelajaran.

SDM guru terus diberikan program pengembangan sesuai kebutuhan, baik yang diselenggarakan oleh sekolah, Direktorat Pendidikan PPPK Petra, Litbang Pendidikan PPPK Petra, Dinas Pendidikan serta oleh Perguruan Tinggi.

 

Terima kasih atas kunjungannya.
Salam kasih Tuhan menyertai saudara

boost the values reap the success