| |

Mewujudkan Nasionalisme Bangsa melalui Bahasa

Capture.jpg

Teman-teman ingat kan bahwa pada tanggal 10 November adalah Hari Pahlawan. Menyambut hari tersebut sekolah juga mengadakan lomba dalam rangka memeriahkan dan menanamkan semangat patriotisme bagi generas penerus bangsa. Bulan Bahasa dan Hari Pahlawan adalah dua momen bersejarah dalam sejarah perjuangan bangsa kita, yaitu lahirnya kesepakatan penuda pemudi Indonesia untuk menyatukan Indonesia dalam semangat kesatuan dan memperjuangan Indonesia merdeka. Sebagai generasi muda semangat ini yang harus tertanam dalam jiwa dan perjuangan kita sekarang untuk membangun kehidupan berbangsa.

Nah semuanya terasa menarik saat sekolah menyelenggarakan berbagai kegiatan lomba untuk melestarikan bahasa Indonesia sebagai bahasa ibu, sekaligus untuk meningkatkan rasa nasionalisme. Yang pasti semua lomba keren dan kece punya, apalagi dilaksanakan secara daring, memanfaakan kemajuan informasi dan teknologi, misalnya Story Telling, presenter bahasa Jawa, dan mading di Instagram, dan cerita pendek (cerpen) yang dibuat juga keren-keren.

Tiba saatnya, pada hari Selasa tanggal 10 November sebelum kegiatan belajar mengajar daring dimulai, kita semua serempak menyanyikan lagu Indonesia Raya seperti biasa, dan juga lagu Mengheningkan Cipta guna menghargai perjuangan rakyat Indonesia dahulu saat berperang melawan penjajah. Setelah itu, ada perwakilan siswa yang membacakan puisi tentang perjuangan. Bu Pudji juga menjelaskan kepada kita sebagai generasi penerus bangsa harus belajar dengan giat supaya dapat meneruskan perjuangan para pahlawan dengan prestasi-prestasi yang kita raih nanti. Lomba Bulan Bahasa tahun ini memang tidak bisa dilaksanakan secara langsung seperti tahun-tahun lalu, tetapi kita tetap harus memaknai kegiatan ini sebagai bentuk rasa nasionalisme kita dan sebagai upaya untuk mempertahankan bahasa Indonesia. Tetap berdoa kepada Tuhan ya teman-teman agar pandemi ini cepat berlalu dan kita dapat melaksanakan berbagai perlombaan lagi seperti biasa. Mari bangga menggunakan bahasa Indonesia dan melanjutkan perjuangan para pahlawan dengan menjadi generasi cerdas.

Semangat, generasi muda!

CHRESTELLA JECONIA DEL BASUKI (Kelas 9.4)

Semarak daring Kemeriahan HUT RI 75 Tahun

Pandemi Covid-19 tak menghilangkan semarak menyambut hari kemerdekaan bangsa Indonesia bagi kami generasi muda di SMP Kristen Petra 4 Sidoarjo. Semarak ini adalah wujud penghormatan yang tak terhingga bagi jasa para pahlawan yang mengorbankan jiwa dan raganya untuk mengantar kami merasakan dan menikmati alam kemerdekaan.

Sebagaimana lomba- lomba yang diadakan untuk memeriahkan hari kemerdekaan, maka tahun ini tak kalah menarik bahkan dengan cara yang berbeda. Ya, tahun ini semua lomba diadakan secara daring, yaitu lomba mading daring, TikTok, membaca puisi, dance, menyanyi, hand lettering dan street photography. Wow menyenangkan dan para siswa antusias mengikutinya.

Melalui lomba yang dilaksanakan secara daring dapat memberikan pesan kepada kita generasi muda bahwa meskipun di tengah pandemi COVID-19, kita harus terus semangat memperingati hari kemerdekaan Indonesia yang ke-75 tahun kali ini. Bangsa Indonesia tidak boleh menyerah. Ingatlah perjuangan pahlawan yang telah gugur berjuang demi kemerdekaan bangsa Indonesia. Kita harus menghargai jasa para pahlawan dengan cara belajar sungguh-sungguh, saling menghargai dan menghormati, memiliki semangat cinta tanah air yang tinggi, dan tidak melupakan jasa pahlawan.

Jecelyna Elisabeth Caren Krisdiana
7.3

Mengawali Tahun Ajaran Baru dari Rumah

Menandai dimulainya Tahun Ajaran 2020/2021 seluruh siswa, bapak ibu guru, dan karyawan di SMP Kristen Petra 4 melaksanakan ibadah pembukaan tahun ajaran baru dengan tema: “Looking Forward For The Future” melalui daring. Ibadah ini disiarkan secara langsung melalui akun Youtube SMP Kristen Petra 4 pada Kamis, 16 Juli 2020 pukul 09.00-10.00 WIB. Seluruh siswa antusias mengikuti ibadah ini dari rumah sebagai ungkapan syukur atas dimulainya tahun ajaran baru 2020/2021.

ajaran_baru_04.jpgajaran_baru_01.jpgajaran_baru_02.jpgajaran_baru_03.jpg

Walaupun ibadah ini diadakan dengan bentul live streaming Youtube SMP Kristen Petra 4, seluruh siswa telah mempersiapkan diri jauh sebelum jam tayang dimulai dengan  mengisi kehadiran melalui google form yang diberikan oleh wali kelas masing-masing. Setelah ibadah selesai, Bapak Dedy Luhkitoadi selaku Wakil Kepala Sekolah menyapa seluruh siswa dan mengajak para siswa untuk siap memulai PBM daring besok Jumat, 27 Juli 2020. Bapak ibu guru telah menyiapkan materi-materi esensial tanpa menghilangkan esensi materi tersebut dan siap menyambut pembelajaran daring bersama seluruh siswa.

Akhirnya tiba juga di tahun ajaran baru, meskipun pembelajaran dilaksanakan secara daring, namun antusias dan semangat menyambut ajaran baru begitu terasa. Sungguh rindu rasanya melaksanakan belajar normal dalam ruangan yang sama. Semoga saja pandemi di Indonesia segera berakhir. Tetap semangat!

(By : OSIS_P4)

Saling Kenal di Zona Virtual

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah Peserta Didik Baru (MPLSPDB) tahun ini yang berlangsung pada tanggal 13-15 Juli 2020 memang menarik dan berbeda dari biasanya. Tentu saja karena masa pendemi Covid-19 belum berakhir, namun demikian ada cara virtual yang dapat menyatukan seluruh siswa baru tahun ajaran 2020/2021 untuk mengenal SMP Kristen Petra 4 sebagai rumah kedua bagi mereka.

 
mplspdb-2020.jpgmplspdb3.jpgmplspdb1.jpgmplspdb4.jpgmplspdb6.jpgmplspdb7.jpgmplspdb2.jpgmplspdb5.jpg

Ya, kita semua tahu bukan, melalui aplikasi Zoom para siswa diajak untuk saling mengenal, saling menyapa, dan mendapatkan banyak informasi tentang sekolahnya mulai dari; program-program sekolah, sarana dan prasarana sekolah, tata tertib, seputar kurikulum, budaya sekolah, dan materi-materi pendukung lainnya. Di tahun ajaran ini para siswa baru diajak mengenal dan memulai seluruh kegiatannya dengan tema : “Looking Forward For The Future” sehingga para siswa memiliki sikap optimis dalam menjalani dan menghadapi aral rintangan yang ada di depannya.

Diharapkan seluruh rangkaian acara MPLSPDB kali ini dapat memberi kesanm tersendiri dan menjadi kenangan bagi seluruh peserta didik baru. Semoga saja pandemi ini segera usai, sehingga para Bapak/Ibu guru SMP Kristen Petra 4 dapat berjumpa dan menyapa secara langsung siswa-siswi kelas 7 yang baru.                      

(Osis SMP Kristen Petra 4)

Menciptakan Kenangan melalui selebrasi Kelulusan Virtual

Masa pandemi yang tengah dialami Indonesia, tidak mengurangi antusias SMP Kristen Petra 4 beserta para siswa untuk merayakan kelulusan. Kelulusan tersebut diumumkan secara serentak pada tanggal 5 Juni 2020 lalu. Ada tantangan dan kenangan tersendiri ketika harus melaksanakan seremoni kelulusan pada tahun ini.

 
Foto-pelepasan-1.jpgFoto-pelepasan-2.jpgFoto-pelepasan-5.jpgFoto-pelepasan-3.jpgFoto-pelepasan-4.jpg

Mengusung tema ‘Be The Light’, acara ini digelar secara virtual melalui siaran langsung yang ditayangkan di akun Youtube SMP Kristen Petra 4. Selebrasi kelulusan yang dilaksanakan pada tanggal 12 Juni 2020 ini berlangsung tanpa hambatan dan diikuti oleh seluruh siswa kelas 9 dengan semangat.

Disambut dengan senyuman, dilepas tanpa jabatan tangan. Mungkin itulah yang dialami oleh angkatan tahun 2020 kali ini. Dalam sambutan Bapak Djoko Eko Suhartono, M. Pd. menyampaikan bahwa acara perpisahan kali ini merupakan acara pelepasan spesial karena diselenggarakan tidak berada dalam ruang yang sama. Namun, hal ini tidak menjadi penghalang untuk tetap menyatakan rasa syukur atas kelulusan para siswa. Beliau juga mengungkapkan apresiasinya atas kesuksesan pembelajaran selama tiga tahun yang diikuti para siswa kelas 9. Meskipun dengan segala keterbatasan, siswa-siswi kelas 9 mengaku berbahagia dapat lulus dengan baik. Tidak hanya itu, para guru berharap dengan adanya siaran langsung seremoni kelulusan ini dapat melepas rasa rindu guru-guru maupun para siswa.

 

boost the values reap the success