Menyadari akan Bahaya Narkoba

Remaja Indonesia pada masa kini sudah sepatutnya memahami bahwa bahaya narkoba sudah mulai mengancam. Tidak banyak remaja mampu menahan godaan, baik dari pergaulan, masyarakat, maupun komunitas sosial yang lain, untuk menghindari adanya penurunan kualitas remaja di Indonesia.

 Sos Narkoba

Pada hari Senin, tanggal 18 Febuari 2019, beberapa pengurus OSIS SMP Kristen Petra 4 diutus untuk mengikuti sosialisasi mengenai narkoba, sekaligus menjadi duta antinarkoba, yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Sidoarjo yang bekerja sama dengan BNN di SMP Negeri 2 Sidoarjo. Kegiatan sosialisasi ini berlangsung selama lima jam. Di sana, kami mendapatkan pengetahuan lebih dalam tentang bahaya narkoba. Selain itu, kami juga mendapat ilmu tambahan seperti bagaimana tata cara berlalu lintas yang baik dan benar, serta penggunaan gadget yang baik.

 Sos Narkoba 2

Apa itu narkoba? Narkoba adalah singkatan dari narkotika, psikotropika, dan zat adiktif lainnya. Pada sosialisasi ini, kegiatan dipimpin oleh BNN (Badan Narkotika Nasional), yang mana mereka menangani masalah-masalah yang berkaitan dengan narkotika. Sedangkan untuk psikotropika dan zat adiktif ditangani oleh lembaga pemerintahan lainnya.

Berbagi itu Indah

Sudah sewajarnya kita saling berbagi dengan apa yang kita miliki kepada sesama kita yang lebih membutuhkan. Bertepatan dengan pelaksanaan Ujian Praktikum Pendidikan Agama Kristen untuk kelas IX, SMP Kristen Petra 4 melakukan kegiatan short live in di beberapa panti asuhan. Apa itu short live in? Itu adalah suatu kegiatan tinggal (hidup bersama dan merasakan) di suatu tempat dalam waktu yang singkat dan melakukan kegiatan yang bermanfaat.

Live In

Dalam kesempatan ini, tepatnya pada setiap hari Sabtu pada bulan Februari 2019 lalu, kami melakukan kegiatan short live in di beberapa panti asuhan, antara lain: Panti Asuhan Pelayanan Kasih, Panti Asuhan Bukti Kasih, Panti Asuhan Ora Et Labora, dan Panti Asuhan Rose of Sharon. Kegiatan-kegiatan yang kami lakukan, meliputi: ibadah, bermain bersama, bercerita dan sharing, bernyanyi, makan bersama, dan pemberian sembako sebagai tali asih. Melalui kegiatan ini, kami juga dapat mengerti dan semakin memahami dunia di sekitar kami. Tidak hanya terpaut dengan gadget, siswa diajar untuk lebih lagi memperhatikan sekitar.

P4BC Junior: Menguji Kemampuan Siswa SD dibidang Basket

IMG_6681.JPGIMG_6725.JPGIMG_6696.JPG

Senin, 3 Septembar 2018 adalah acara yang ditunggu-tunggu yaitu Basketball Competition (P4BC) Junior yang diadakan oleh SMP Kristen Petra 4, Sidoarjo. Nah, peserta P4BC Junior berasal dari berbagai sekolah lho! Pesertanya meliputi dari SD Kristen Petra 1, Petra 5, Petra 7, Petra 9, Petra 10, Petra 11, Petra 12, dan Petra 13. Rabu, 5 September 2018 menjadi hari pertama dengan pertandingan perdana antara SD Kristen Petra melawan SD Kristen Petra 10. Persaingan berlangsung sangat ketat dan masing-masing sekolah mencari celah untuk mendapatkan poin sebanyak-banyaknya. Pertandingan berakhir dengan skor 10 – 5 untuk kemenangan SD Kristen Petra 10. Selanjutnya, partai kedua mempertandingkan SD Kristen Petra 11 melawan SD Kristen Petra 12.

Pertandingan tersebut tidak kalah seru dengan pertandingan sebelumnya. Masing-masing tim berusaha meruntuhkan dinding pertahanan lawan. Tidak terasa pertandingan pada telah usai dengan skor 32 - 7 untuk kemenangan SD Kristen Petra 12.Pertandingan hari berikutnya semakin menegangkan. Begitu juga yang dirasakan oleh tim dari SD Kristen Petra 9 dan SD Kristen Petra 1 untuk mencetak poin sebanyak-banyaknya. Di akhir pertandingan, SD Kristen Petra 1 harus mengakui keunggulan SD Kristen Petra 9 dengan skor akhir 24 – 7. Antusiasme penggemar olahraga bola basket semakin menyemarakkan atmosfer lapangan basket SMP dan SMA Kristen Petra 4. Banyak supporter yang turut hadir meramaikan kompetisi berikutnya antara antara SD Kristen Petra 7 melawan SD Kristen Petra 13. Pada pertandingan kali ini, SD Kristen Petra 7 unggul dari SD Kristen Petra 13 dengan skor 21- 18.

Berbagi itu Menyenangkan

Art, Science and Charity Event adalah acara tahunan yang diselenggarakan oleh SMA dan SMP Kristen Petra 4. ASCE dibentuk dengan tujuan untuk mengenal kembali budaya Indonesia melalui pameran dan pertunjukan, memperkenalkan ilmu pengetahuan (fisika dan kimia) dalam beberapa percobaan, serta melakukan kegiatan bakti sosial.

Dalam kegiatan ini setiap siswa diajar untuk mengasihi sesama dengan berbagi. Masing-masing kelas menyelenggarakan bazar. Hasil bazar ini nantinya akan digunakan untuk membantu orang-orang yang membutuhkan. Secara tidak langsung, para siswa yang terlibat dalam bazar juga belajar berwiraswasta.

Untuk mengembangkan bakat siswa melalui budaya, terdapat penampilan tarian tradisional yang disajikan. Tak hanya itu, modern dance, penampilan solo maupun grup vokal, sulap, serta fashion show yang dibawakan oleh siswa SMA dan SMP juga menambah kemeriahan acara ini. Di sela-sela ASCE, kita juga dapat melihat pertandingan P4BC Junior yang masih berlangsung. Nah, itu dia keseruan acara ASCE tahun ini, kami tunggu kedatangan kalian tahun depan ya. See ya

By: Gabriel Yarden Palinggi

DSC_0014.JPGIMG_6994.JPGIMG_6961.JPGIMG_7007.JPGIMG_6950.JPG

Kobarkan Semangat Menggapai Cita

hut7.jpghut5.jpghut1.jpg

Kamis, 16 Agustus 2018, seluruh siswa SMP Petra 4 memperingati hari kemerdekaan Indonesia yang ke-73 dengan melaksanakan berbagai lomba. Kegiatan ini disambut antusias oleh seluruh warga sekolah. Lomba-lomba yang dapat diikuti para siswa yaitu vocal group, debat, pidato, mading, estafet kelereng, dance, memasak olahan jamur, catur, jalan kompak, dan tarik tambang. Setiap kelas wajib mengikuti lomba yang diadakan. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahun untuk memperingati hari lahirnya bangsa Indonesia.

boost the values reap the success