| |

Mengenal Lingkungan Sekolah Baruku

IMG_5182_-_1.JPGmplspdb3.jpgmplspdb2.jpg

Pada tanggal 16 - 18 Juli 2018 di SMP Kristen Petra 4 dilaksanakan kegiatan MPLSPDB atau Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah bagi Peserta Didik baru. Hal ini dilakukan dengan tujuan siswa lebih mengenal sekolah dan program pembelajaran yang akan mereka hadapi di sekolah yang baru. Pada hari pertama, seluruh peserta MPLSPDB mengikuti upacara pembukaan yang dilaksanakan di lapangan SMP Kristen Petra 4. Seluruh peserta nampak tertib dan khidmat selama prosesi upacara berlangsung. Kegiatan MPLSPDB di mulai ditandai dengan penyematan tanda masa orientasi siswa baru oleh Bapak Kepala Sekolah Drs. Djoko Eko Suhartono, M.Pd.

Dalam upacara, bapak kepala sekolah memperkenalkan guru-guru SMP Kristen Petra 4 beserta bidang studinya. Setelah upacara selesai para siswa kembali ke kelas untuk istirahat sejenak sebelum menuju sesi berikutnya. Sesi berikutnya berlangsung di aula dengan materi pengetahuan tentang Wawasan Wiyata Mandala yang disampaikan oleh Pak Melwed. Setelah itu siswa kelas 7 dipandu oleh kakak OSIS mengenal lingkungan sekolah. Kakak-kakak OSIS menunjukkan ruang kelas 7 - 9, ruang guru, dan ruangan lainnya. Sesi selanjutnya adalah pengenalan kurikulum dan ekstrakurikuler yang disampaikan oleh Pak Andre. Beliau juga menjelaskan jenis-jenis ekstrakurikuler yang ada di Petra 4 beserta guru pembimbing ekstrakulikuler tersebut.

Setelah sesi pengenalan kurikulum siswa kelas 7 dipersilahkan untuk beristirahat makan siang. Setelah mengisi perut mereka, para siswa kembali ke aula untuk melanjutkan sesi berikutnya. Sesi berikutnya adalah sesi pengenalan program PPPK Petra yang disampaikan oleh Ibu Sri Mardianingsih. Bu Sri menjelaskan tentang program PPPK Petra yang bertujuan untuk mengembangkan talenta yang dimiliki siswa-siswi Petra agar dapat digunakan untuk kemuliaan nama Tuhan. Salah satu program PPPK Petra adalah SLO (Student Learning Outcomes).

Di hari yang baru, peserta MPLSPDB masih tetap semangat untuk melanjutkan sesi dan kegiatan pada hari kedua. Di hari kedua ini, siswa kelas 7 diajarkan baris berbaris oleh Pak Stevie, Pak Melwed, Pak Sony, dan Pak Teguh. Setelah sesi baris berbaris selesai, dilanjutkan sesi tata tertib sekolah. Pada sesi yang dipimpin oleh Ibu Sri Mardianingsih ini menjelaskan tentang peraturan yang berlaku di SMP Kristen Petra 4. Sesi selanjutnya adalah sesi mengenal perpustakaan yang dijelaskan oleh Ibu Sri Sukini. Pada sesi kali ini, para siswa terlihat lebih bersemangat dan antusias untuk mengenal lebih lanjut perpustakaan sekolah. Pada sesi ini, dibagi brosur yang berisi informasi seputar perpustakaan sekolah. Sesi selanjutnya berlangsung di kelas yaitu, sesi cara belajar efektif, tata krama, dan belajar hidup sehat.

Pada pagi hari ketiga, siswa-siswi terlihat lebih senang dan bersemangat karena ada Senam bersama yang dipimpin kakak-kakak OSIS yang lucu. Setelah senam bersama, para anggota OSIS menampilkan Flash Mob yang sudah dibuat dan dilatih dengan kerja keras. Gerakan yang kocak dan lucu membuat peserta MPLSPDB tertawa dan lebih semangat untuk kegiatan berikutnya. Lalu, kegiatan selanjutnya adalah keep clean our school yang bertujuan untuk merawat dan membersihkan lingkungan sekolah agar lebih bersih dan nyaman.

Setelah kegiatan bersih-bersih yang cukup melelahkan, para siswa diberi waktu beristirahat. kegiatan selanjutnya adalah ice breaking yang dilaksanaka di kelas. Kegiatan ini bertujuan agar siswa dapat lebih mengenal temannya melalui lagu dan gerakan yang dipimpin oleh kakak-kakak OSIS di masing-masing kelas. Setelah itu, para siswa diminta mempersiapkan diri untuk apresiasi seni. Sebelum kegiatan apresiasi seni, ada ibadah penutup yang dipimpin oleh Tim PD SMP Kr. Petra 4. Setelah itu, acara yang paling dinanti tiba yaitu apresiasi seni.

 Pada apresiasi seni, perwakilan kelas maupun seluruh siswa menunjukkan kelebihan masing-masing. Ada yang memiliki suara yang merdu, ada yang pandai menari, dan ada yang pintar memainkan alat musik. Setelah itu, giliran para anggota OSIS menampilkan apresiasi seninya yaitu fashion show. Setelah selesai menampilkan apresiasi seni, dilanjutkan dengan upacara penutupan. Upacara penutupan tetap berlangsung di aula. Setelah upacara penutupan, siswa menikmati perjamuan kasih berupa makanan yang mereka bawa sendiri dari rumah untuk berbagi dengan teman-teman baru mereka.

by : Yemima Yesrael Taniarto

boost the values reap the success