Menyadari akan Bahaya Narkoba

Remaja Indonesia pada masa kini sudah sepatutnya memahami bahwa bahaya narkoba sudah mulai mengancam. Tidak banyak remaja mampu menahan godaan, baik dari pergaulan, masyarakat, maupun komunitas sosial yang lain, untuk menghindari adanya penurunan kualitas remaja di Indonesia.

 Sos Narkoba

Pada hari Senin, tanggal 18 Febuari 2019, beberapa pengurus OSIS SMP Kristen Petra 4 diutus untuk mengikuti sosialisasi mengenai narkoba, sekaligus menjadi duta antinarkoba, yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Sidoarjo yang bekerja sama dengan BNN di SMP Negeri 2 Sidoarjo. Kegiatan sosialisasi ini berlangsung selama lima jam. Di sana, kami mendapatkan pengetahuan lebih dalam tentang bahaya narkoba. Selain itu, kami juga mendapat ilmu tambahan seperti bagaimana tata cara berlalu lintas yang baik dan benar, serta penggunaan gadget yang baik.

 Sos Narkoba 2

Apa itu narkoba? Narkoba adalah singkatan dari narkotika, psikotropika, dan zat adiktif lainnya. Pada sosialisasi ini, kegiatan dipimpin oleh BNN (Badan Narkotika Nasional), yang mana mereka menangani masalah-masalah yang berkaitan dengan narkotika. Sedangkan untuk psikotropika dan zat adiktif ditangani oleh lembaga pemerintahan lainnya.

Narkoba Itu Penting! Bukan penting untuk dikonsumsi, melainkan narkoba itu penting untuk dipelajari dan dipahami, terkhusus bagi para remaja. Mengapa demikian? Karena tidak semua narkoba berbahaya untuk pengguna ilegal. Narkotika dibagi menjadi tiga bagian, yaitu golongan I yang memiliki potensi ketergantungan tinggi, seperti ganja. Golongan II yang memiliki potensi ketergantungan sedang, seperti morfin. Dan yang terakhir, golongan III yang memiliki potensi ketergantungan rendah, seperti kodein. Narkotika yang digunakan oleh rumah sakit untuk kebutuhan medis adalah narkotika golongan II dan III. Namun golongan II dan III pun harus digunakan secara bijak agar tidak terjadi kesalahgunaan.

Jadi, narkoba itu penting untuk dipelajari dan dipahami. Apalagi kita sebagai generasi muda bangsa harus pandai memilih mana yang baik dan berdampak positif bagi kehidupan kita, serta menjauhkan segala hal-hal tidak baik yang dapat merusak masa depan kita. Say: Yes! Untuk prestasi! Say: No! Untuk narkoba!

 

oleh: Nathanael Marco Sumbayak

boost the values reap the success