| |

Wonderful Me

Hai everyone... kembali lagi di SMP Petra 4 News! Kali ini ada berita gak kalah seru lho, dari judulnya aja udah bikin penasaran kan? Nah, tanggal 17-20 September 2019 lalu, seluruh siswa kelas VIII mengadakan Student Camp yang bertajuk Wonderful Me. Kegiatan ini adalah kegiatan Student Camp kedua setelah SMP Petra 2 melakukannya, apa sih yang beda? Tentu aja kalau tahun lalu, PPPK Petra masih mengadakan retreat dan belum ada Student Camp, sekarang sudah diubah. Biasanya kalau retreat kita terlalu banyak beribadah dari pada outbond nya, sekarang dari pagi hingga siang kita melakukan outbond dan pada malam hari, kita talk sessionselama 1 jam tiap sesi.Tanpa ada handphone! Apa lagi 4 hari 3 malam.Pasti kangen ortu dong ya... tapi tenang aja, kita diberi waktu 5 menit kok untuk menghubungi ortu. Pasti nggak kerasa kok, karena kegiatan yang padat bikin kita lupa dengan ortu, juga lebih seru dari yang dulu-dulu. Mau tau gimana kegiatannya? Yuk simak!

ft_camp_4.jpgft_camp_1.jpgft_camp_3.jpgft_camp_7.jpgft_camp_8.jpgft_camp_2.jpgft_camp_9.jpgft_camp_10.jpgft_camp_6.jpgft_camp_5.jpg
 

Di hari pertama saat kita tiba, kita disambut dengan meriah oleh guru-guru pendamping dari berbagai SMP Petra, termasuk Petra 4 sendiri. Saat kita memasuki hall, kita dihimbau untuk melewati tali yang terikat di depan pintu tanpa menyentuhnya. Waduh, pasti kesulitan kan ya? Hahahaha nggak sulit sama sekali kok, asalkan kita pakai teman buat nopang tubuh kita dijamin bisa lewat. Setelah itu, kita diberi minuman dan snack sebelum kita dibagi dalam kelompok outbond dan teman kamar. Untuk mendapat kunci kamar butuh perjuangan juga, bersama kelompok outbond dan yel-yel yang kita suarakan, kita berjuang untuk melawan kelompok lain untuk mendapat clue, siapakah yang memegang kunci tersebut. Ketika sudah dapat, kita kembali lagi ke hall dan dipersilahkan untuk makan siang, lalu beristirahat hingga pukul 4 sore untuk melakukan kudapan. Pada malam hari, kita sudah mulai talk session sebanyak 2 sesi  dengan tema yang berbeda tiap jam dan harinya, diselingi waktu makan malam dan waktu untuk menelepon ortu. Kita baru kembali beristirahat pada pukul 22.00 WIB, tetapi banyak yang masih belum tidur karena pada gibah.

Keesokan harinya kita sarapan terlebih dahulu lalu outbond untuk mendapatkan skor tertinggi, yang dapat banyak akan diberi hadiah. Terdapat 5 pos dan masing-masing kelompok harus menyanyikan yel-yel kelompok. Pada pos ke 5, kita bermain airnih jadi pada basah semua. Dan inilah yang paling ditunggu-tunggu, kita berenang. Yeay... seru banget kita diperbolehkan berenang! Dalam satu kolam renang, full dengan siswa kelas VIII yang saling bermain air. Ada yang berenang, ada yang duduk ditepi kolam, ada juga yang gak berani nyebur karena dalam. Tapi itulah kegiatan yang seru karena kebanyakan kegiatan dari sekolah dilarang berenang. Kita menikmati sekali... terimakasih bapak dan ibu guru yang sudah mengizinkan kami. Setelah itu kita kembali ke kamar untuk bersih diri, lalu makan siang dan kembali istirahat hingga pukul 4 sore untuk kudapan dan pukul 6 kita talk session yang sesi 1, lalu makan malam dan talk session lagi yang sesi 2 lalu kembali istirahat.

Pada hari sebelum kepulangan kami, kita tidak outbond, namun kita akan memasak makanan untuk makan siang. Nah, tiap kelompok outbond akan diwakili 2 orang untuk pergi ke pasar, sisanya nih melakukan senam yang dipimpin oleh pesenam ahli. Dari lagu pop, barat, hingga dangdut. Tak lama, kita bermain gobak sodor dan tarik tambang. Pada pukul 09.00 WIB kita mulai memasak bagi para cewek-cewek dalam kelompok outbond dibantu koordinator kelompoknya. Hmmm... baunya wangi deh, serasa nggak sabar ingin menyantap makanannya. Eits, tapi tunggu dulu, sebelum itu kita harus berdoa terlebih dahulu. Selepas itu, kita seperti biasa kembali istirahat dan pada pukul 4 sore kita kudapan dan pada pukul 18.00 WIB kita talk session yang pertama, kemudian makan malam, lalu talk session yang terakhir. Dimana saat itu kita kedatangan tamu pak pendeta yang bisa bermain musik juga lho, tentunya banyak yang kita pelajari dan datanglah momen paling berharga saat kelas VIII, yaitu api unggun. Kalau camp pasti nggak ada kata tidak ada api unggun, nah api unggun ini kita bukan bersenda gurau sambil menikmati hawa panas dari api nya, melainkan menikmati hawa panas di dalam hati juga. Kita nangis guys, why? Karena kita membaca surat cinta dari ortu yang harus kita introspeksikan, kita berbuat salah apa sama mereka, tapi mereka tetap sabar dan tabah menghadapi kita. Juga pada guru-guru yang telah membimbing kita selama setahun di SMP ini, kita patut bersyukur. Diiringi senandung gitar yang dimainkan yang menambah suasana menjadi lebih sedih. Setelah kegiatan api unggun berakhir, kita barbeque time, tapi ada yang masih nangis sampai tiba di kamar saking rasa sayang ortu pada kita yang bisa menembus batas pertahanan hati kita. Pasti merasa bersalah banget kan ya? Dari situ kita bisa belajar bahwa perjuangan ortu itu besar dalam membimbing kita menjadi anak yang sukses dalam karir, termasuk bapak dan ibu guru. Saat di kamar, kita mulai nyicil untuk persiapan pulang besok, lalu tidur.

Tidak terasa sudah detik-detik akan kembali ke aktivitas kita sehari-hari, yaitu belajar untuk persiapan PTS dan PH. Kita sarapan dulu, lalu persiapan pribadi apa yang tertinggal dan tidak. Saat ingin masuk hall untuk penutupan, tiba-tiba suasana jadi ricuh karena dompet Joanna yang hilang, hingga guru-guru memperingatkan apabila tidak ditemukan maka kita tidak akan pulang, bukannya sedih malah semua senang. Akhirnya para guru mengecek koper masing-masing teman kamar Joanna dan ternyata berada di jaketnya sendiri yang ia letakkan di dalam koper. Acara penutupan pun dimulai, mulai pembagian hadiah untuk peraih skor kelompok outbond tertinggi, juga foto kelas bersama menggunakan kaos kelas masing-masing dengan kata  wonderful me sebagai tambahannya. Dan saatnya kami pulang, tapi sebelum itu kita diberi kesempatan untuk selfieria dengan sahabat-sahabat ataupun mabar, juga mencari tempat duduk di bus di bagian belakang. Emang apa sih enaknya di belakang? Padahal sama aja kan?  Di perjalanan pulang, ada yang main, gibah, makan, ada pua yang tidur. Wah, manfaatin waktu banget ya! Tidak terasa, kami sudah tiba di sekolah dan inilah waktu terakhir kami bisa merasakan kebebasan tanpa belajar dan ulangan. Tetap semangat and God bless you...!

boost the values reap the success