| |

Narkoba No!, Prestasi Yes!

IMG 20200225 WA0041 2

Pada hari Rabu tanggal 19 Februari 2020, kami seluruh murid kelas 8 menuju ruangan aula untuk mendengarkan ceramah tentang NAPZA dari BNN. BNN adalah Badan Narkotika Nasional sebuah Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK) Indonesia yang mempunyai tugas melaksanakan tugas pemerintah di bidang pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap psikotropika dan bahan adiktif. Setelah kami memasuki ruangan aula, kami duduk sesuai kelas masing-masing agar suasana terkendali dan kondusif. Di aula sudah datang pembicara dari BNN yang bernama Kak Eka dan Kak Bayu.

IMG 20200225 WA0033Sebelum memulai acara ceramah, Kak Eka bertanya kepada kami semua tentang apa itu narkoba. Lalu ada salah satu teman kami dari kelas 8.4 bernama Evan Sultanto menjawab pertanyaan tersebut. Dia pun menjawab dengan penuh percaya diri bahwa narkoba adalah sebuah zat yang dapat membuat kecanduan dan merusak tubuh. Setelah beberapa pertanyaan seputar apa itu narkoba, Kak Eka menjelaskan tentang kantor BNN yang terletak di Sidoarjo dan apa saja yang terdapat di dalamnya seperti replika narkoba.

Selanjutnya Kak Eka menjelaskan tentang peningkatan penggunaan narkoba setiap tahunnya. Menurut beliau ada peningkatan sebesar 24 hingga 28 persen remaja yang menggunakan narkotika. Kak Eka juga menjelaskan tentang macam-macam narkoba seperti marijuana/ganja, ekstasi, shabu, heroin, dll. Terdapat 3 golongan narkoba yaitu golongan I, golongan II, dan golongan III. Golongan I terdapat jenis narkoba heroin, kokain, ganja, dll. Golongan II ada morfin, petidin, fentanil, dan metadon. Golongan III ada kodein, propiram, etilmorfina, dll. dari ketiga golongan tadi yang paling berpotensi mengakibatkan ketergantungan adalah golongan I. Nah! supaya kami tidak bosan, Kak Eka menunjukkan video tentang orang-orang yang menyalah gunakan narkoba, dan bahkan ada anak-anak sekolah juga sampai menggunakan narkoba. Di penghujung sesi Kak Eka mengajarkan dan mengajak kami untuk menyerukan yel-yel agar kita menghindari narkoba.

Cr : Andrea V  8.4 & Stella 8.3

boost the values reap the success