| |

Mewujudkan Nasionalisme Bangsa melalui Bahasa

Image_001.jpgImage_003.jpgImage_002.jpg

Teman-teman ingat kan bahwa pada tanggal 10 November adalah Hari Pahlawan. Menyambut hari tersebut sekolah juga mengadakan lomba dalam rangka memeriahkan dan menanamkan semangat patriotisme bagi generas penerus bangsa. Bulan Bahasa dan Hari Pahlawan adalah dua momen bersejarah dalam sejarah perjuangan bangsa kita, yaitu lahirnya kesepakatan penuda pemudi Indonesia untuk menyatukan Indonesia dalam semangat kesatuan dan memperjuangan Indonesia merdeka. Sebagai generasi muda semangat ini yang harus tertanam dalam jiwa dan perjuangan kita sekarang untuk membangun kehidupan berbangsa.

Nah semuanya terasa menarik saat sekolah menyelenggarakan berbagai kegiatan lomba untuk melestarikan bahasa Indonesia sebagai bahasa ibu, sekaligus untuk meningkatkan rasa nasionalisme. Yang pasti semua lomba keren dan kece punya, apalagi dilaksanakan secara daring, memanfaakan kemajuan informasi dan teknologi, misalnya Story Telling, presenter bahasa Jawa, dan mading di Instagram, dan cerita pendek (cerpen) yang dibuat juga keren-keren.

Tiba saatnya, pada hari Selasa tanggal 10 November sebelum kegiatan belajar mengajar daring dimulai, kita semua serempak menyanyikan lagu Indonesia Raya seperti biasa, dan juga lagu Mengheningkan Cipta guna menghargai perjuangan rakyat Indonesia dahulu saat berperang melawan penjajah. Setelah itu, ada perwakilan siswa yang membacakan puisi tentang perjuangan. Bu Pudji juga menjelaskan kepada kita sebagai generasi penerus bangsa harus belajar dengan giat supaya dapat meneruskan perjuangan para pahlawan dengan prestasi-prestasi yang kita raih nanti. Lomba Bulan Bahasa tahun ini memang tidak bisa dilaksanakan secara langsung seperti tahun-tahun lalu, tetapi kita tetap harus memaknai kegiatan ini sebagai bentuk rasa nasionalisme kita dan sebagai upaya untuk mempertahankan bahasa Indonesia. Tetap berdoa kepada Tuhan ya teman-teman agar pandemi ini cepat berlalu dan kita dapat melaksanakan berbagai perlombaan lagi seperti biasa. Mari bangga menggunakan bahasa Indonesia dan melanjutkan perjuangan para pahlawan dengan menjadi generasi cerdas.

Semangat, generasi muda!

CHRESTELLA JECONIA DEL BASUKI (Kelas 9.4)

boost the values reap the success