Ada apa di Eco Green Park?

eco green park 01Pada hari Kamis, 1 Maret 2018 siswa kelas VII SMP Kristen Petra 4 melakukan karyawisata ke Eco Green Park, Batu. Sebelum berangkat, kami sudah mendapatkan pengarahan dan saran dari Bapak Drs. Djoko Eko Suhartono, M.Pd selaku kepala sekolah. Kami berangkat dari sekolah pukul 07.30 WIB dan harus menempuh perjalanan selama 3 jam sebelum sampai di tempat tujuan.

Eco Green Park adalah tempat di mana kita bisa belajar tentang alam. Ada hewan, tumbuhan, kreasi barang bekas yang dijadikan berbagai bentuk karakter, simulasi gempa, dan miniatur candi. Di tempat ini juga menyediakan spot berfoto dengan beberapa binatang, ada juga Insectarium di mana kita dapat melihat berbagai jenis serangga yang telah diawetkan dan dikembangbiakkan.

Saat tiba di sana, kami mendapatkan peta dan gelang sebagai tiket masuk ke Eco Green Park, kami pun sangat antusias antri untuk segera masuk. Dalam kesempatan karyawisata ini kami bertugas untuk mengobservasi lingkungan sesuai bidang yang ditugasi guru kami. Kami diberikan kebebasan untuk menjalankan tugas selama di area tersebut. Di area yang kami kunjungi terdapat Zona Walking Bird, di area ini banyak dijumpai burung-burung semacam burung unta, kasuari, bangau, merak, cangak, nandu, dll.

eco green park 02Setelah itu kami memasuki zona music plaza, Di sini terdapat sebuah kolam yang cukup besar, di atas kolam tersebut banyak ditempatkan permainan yang terbuat dari sejenis besi pelat. Di sekeliling kolam disediakan perlengkapan seperti tembak-tembakan yang bisa menyemburkan air untuk diarahkan di tengah kolam yang apabila terkena semburan air maka besi tersebut bisa mengeluarkan bunyi. Selain itu ada pula jenis pompa untuk mengisi tong kecil yang jika penuh maka tong tersebut akan terbalik dan air yang ada akan tumpah, begitu seterusnya. Perjalanan kami masih berlanjut, kami melewati animal farm, daur ulang sampah, area tumbuhan organik, rumah terbalik dll. 

Kami diberikan waktu sampai pukul 13.00 WIB sebelum kami beranjak meninggalkan Batu untuk kembali ke Sidoarjo. Kami pun tidak menyianyiakan waktu yang ada untuk bebas membeli barang-barang yang kami inginkan. Di Eco Green Park kami dapat berfoto dan memberi makan beberapa hewan, serta melihat pertunjukan binatang yang sudah terlatih. Sebelum kembali ke sekolah, kami menyempatkan berfoto bersama wali kelas masing-masing. Pengalaman kami pada hari itu sangat menyenangkan, selain berwisata kami juga menambah pengetahuan yang sangat banyak.

( Felice Anastasya & Natasha Abigail)

 

boost the values reap the success