| |

Narkoba No!, Prestasi Yes!

IMG 20200225 WA0041 2

Pada hari Rabu tanggal 19 Februari 2020, kami seluruh murid kelas 8 menuju ruangan aula untuk mendengarkan ceramah tentang NAPZA dari BNN. BNN adalah Badan Narkotika Nasional sebuah Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK) Indonesia yang mempunyai tugas melaksanakan tugas pemerintah di bidang pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap psikotropika dan bahan adiktif. Setelah kami memasuki ruangan aula, kami duduk sesuai kelas masing-masing agar suasana terkendali dan kondusif. Di aula sudah datang pembicara dari BNN yang bernama Kak Eka dan Kak Bayu.

IMG 20200225 WA0033Sebelum memulai acara ceramah, Kak Eka bertanya kepada kami semua tentang apa itu narkoba. Lalu ada salah satu teman kami dari kelas 8.4 bernama Evan Sultanto menjawab pertanyaan tersebut. Dia pun menjawab dengan penuh percaya diri bahwa narkoba adalah sebuah zat yang dapat membuat kecanduan dan merusak tubuh. Setelah beberapa pertanyaan seputar apa itu narkoba, Kak Eka menjelaskan tentang kantor BNN yang terletak di Sidoarjo dan apa saja yang terdapat di dalamnya seperti replika narkoba.

Selanjutnya Kak Eka menjelaskan tentang peningkatan penggunaan narkoba setiap tahunnya. Menurut beliau ada peningkatan sebesar 24 hingga 28 persen remaja yang menggunakan narkotika. Kak Eka juga menjelaskan tentang macam-macam narkoba seperti marijuana/ganja, ekstasi, shabu, heroin, dll. Terdapat 3 golongan narkoba yaitu golongan I, golongan II, dan golongan III. Golongan I terdapat jenis narkoba heroin, kokain, ganja, dll. Golongan II ada morfin, petidin, fentanil, dan metadon. Golongan III ada kodein, propiram, etilmorfina, dll. dari ketiga golongan tadi yang paling berpotensi mengakibatkan ketergantungan adalah golongan I. Nah! supaya kami tidak bosan, Kak Eka menunjukkan video tentang orang-orang yang menyalah gunakan narkoba, dan bahkan ada anak-anak sekolah juga sampai menggunakan narkoba. Di penghujung sesi Kak Eka mengajarkan dan mengajak kami untuk menyerukan yel-yel agar kita menghindari narkoba.

Cr : Andrea V  8.4 & Stella 8.3

Senyum terpancar dari sudut-sudut panas dan sempit

 
IMG20200215141644_1.jpgIMG20200208175045.jpgIMG20200208145639.jpgIMG20200215111946.jpgIMG20200215130519_1.jpg

Murid-murid kelas IX SMP Petra 4 memiliki pengalaman yang sangat menarik, indah, dan terkesan saat melaksanakan ujian praktik Pendidikan Agama berbentuk short live ini. Ada beberapa Panti Asuhan yang menjadi tempat pelaksanaan ujian praktik ini, yaitu: Panti Asuhah Ora Et Labora, Panti Asuhan Sola Gracia, Panti Asuhan Yestoya, dan Susteran Vita Dulcedo. Bertemu dengan mereka membuat hati setiap kami terharu dan bahagia, karena anak-anak di sana menyambut kami dengan gembira. Kami saling bertegur sapa dan berkenalan, tidak hanya nama, tetapi hobi, kesukaan, bahkan tentang keadaan sekolah. Disana kami tidak berjumpa dengan mereka yang masih Bayi, TK, SD, SMA, bahkan yang sudah kuliah.

Kegiatan yang kami lakukan di sana adalah datang untuk menjadi sahabat bagi mereka. Kami berkenalan, bernyanyi dan bermain, dan saling berbagi cerita. Semua aktivitas itu membuat kami dapat saling merangkul sebagai saudara dan bersyukur tentang hidup yang Tuhan berikan kepada setiap kita, walaupun mungkin tempat tinggal tidak sama, jauh bahkan terpisah dari keluarga, namun melalui cara ini, Tuhan mepertemukan kita untuk saling menguatkan.

Tiba saatnya kami harus kembali, walaupun perjumpaan kami cukup singkat namun kami dapat belajar tentang kehidupan dan ketegaran dari meraka. Sedih rasanya, tetapi sukacita harus tetap ada, karena dimanapun kita berada tetaplah untuk menjadi garam dan terang. Mereka telah menjadi garam dan terang untuk membuka mata kita bahwa terkadang kita hanya memikirkan diri sendiri dan egois. Sekarang kami dapat melihat bahwa ternyata diluar sana, di sudut-sudut ruangan yang panas dan sempit, mereka masih bisa tersenyum dan dapat hidup bersama dengan sukacita. Terimakasih teman-teman di Panti Asuhan yang telah menjumpai kami.

 

Kezia Sawong-IX.4

 

Merajut Semangat Kebangsaan

Pada hari Jumat, 25 Oktober 2019 di SMP Kristen Petra 4  diadakan acara bulan bahasa. Apasih bulan bahasa itu? Bulan bahasa merupakan sebuah kegiatan kecintaan terhadap bahasa dan sastra Indonesia yang dilaksanakan bertepatan dengan bulan Oktober sebagai momen sejarah Sunpah Pemuda yang mempersatukan semangat kebangsaan Indonesia. Indonesia memiliki beragam bahasa dan sastra. Sekalipun memiliki banyak bahasa, Indonesia menggunakan bahasa persatuan yaitu Bahasa Indonesia. Meskipun penggunaan bahasa Indonesia cenderung tergusur oleh bahasa asing, bahasa Indonesia masih memegang fungsinya sebagai sarana komunikasi yang menyatukan bangsa Indonesia.

ft_bulan_bahasa_1_2.jpgft_bulan_bahasa_1.jpgft_bulan_bahasa_3.jpgft_bulan_bahasa_2.jpgft_bulan_bahasa_1_3.jpgft_bulan_bahasa_1_1.jpgft_bulan_bahasa.jpg

Di hari ini, seluruh siswa dan siswi di SMP Kristen Petra 4 mengikuti perlombaan. Ada lomba mading, catur, spelling bee, dance, membaca puisi, membaca berita bahasa jawa, presenter, cooking, band, fashion design, cover majalah cakra, dan debat. Para siswa-siswi bersemangat untuk mengikuti lomba-lomba tersebut. Lomba ini juga membawa kegembiraan bagi para siswa dan siswi.

Lomba untuk mading bertempat di depan ruang kelas masing-masing, lomba catur dan spelling bee bertempat di perpustakaan, lomba membaca puisi dan fashion design bertempat di ruang dance, lomba membaca berita dan debat bertempat di ruang media, lomba presenter bertempat di ruang kelas 9.3, lomba cooking bertempat di koridor ruang kelas, lomba band dan dance bertempat di lapangan, lomba cover majalah cakra bertempat di ruang kela 9.4. Para siswa memeriahkan lomba ini dengan antusias dan semangat, serta mendukung temannya yang sedang melaksanakan lomba. Dengan adanya kegiatan di bulan bahasa ini, kita dapat lebih mengenal serta menghargai kebudayaan yang ada di Indonesia. Selain itu, kita juga dapat mendapat dampak positif dari seluruh kegiatan yang dilaksanakan.

Report : Chelsea Tiffany

Wonderful Me

Hai everyone... kembali lagi di SMP Petra 4 News! Kali ini ada berita gak kalah seru lho, dari judulnya aja udah bikin penasaran kan? Nah, tanggal 17-20 September 2019 lalu, seluruh siswa kelas VIII mengadakan Student Camp yang bertajuk Wonderful Me. Kegiatan ini adalah kegiatan Student Camp kedua setelah SMP Petra 2 melakukannya, apa sih yang beda? Tentu aja kalau tahun lalu, PPPK Petra masih mengadakan retreat dan belum ada Student Camp, sekarang sudah diubah. Biasanya kalau retreat kita terlalu banyak beribadah dari pada outbond nya, sekarang dari pagi hingga siang kita melakukan outbond dan pada malam hari, kita talk sessionselama 1 jam tiap sesi.Tanpa ada handphone! Apa lagi 4 hari 3 malam.Pasti kangen ortu dong ya... tapi tenang aja, kita diberi waktu 5 menit kok untuk menghubungi ortu. Pasti nggak kerasa kok, karena kegiatan yang padat bikin kita lupa dengan ortu, juga lebih seru dari yang dulu-dulu. Mau tau gimana kegiatannya? Yuk simak!

ft_camp_4.jpgft_camp_1.jpgft_camp_3.jpgft_camp_7.jpgft_camp_8.jpgft_camp_2.jpgft_camp_9.jpgft_camp_10.jpgft_camp_6.jpgft_camp_5.jpg
 

Di hari pertama saat kita tiba, kita disambut dengan meriah oleh guru-guru pendamping dari berbagai SMP Petra, termasuk Petra 4 sendiri. Saat kita memasuki hall, kita dihimbau untuk melewati tali yang terikat di depan pintu tanpa menyentuhnya. Waduh, pasti kesulitan kan ya? Hahahaha nggak sulit sama sekali kok, asalkan kita pakai teman buat nopang tubuh kita dijamin bisa lewat. Setelah itu, kita diberi minuman dan snack sebelum kita dibagi dalam kelompok outbond dan teman kamar. Untuk mendapat kunci kamar butuh perjuangan juga, bersama kelompok outbond dan yel-yel yang kita suarakan, kita berjuang untuk melawan kelompok lain untuk mendapat clue, siapakah yang memegang kunci tersebut. Ketika sudah dapat, kita kembali lagi ke hall dan dipersilahkan untuk makan siang, lalu beristirahat hingga pukul 4 sore untuk melakukan kudapan. Pada malam hari, kita sudah mulai talk session sebanyak 2 sesi  dengan tema yang berbeda tiap jam dan harinya, diselingi waktu makan malam dan waktu untuk menelepon ortu. Kita baru kembali beristirahat pada pukul 22.00 WIB, tetapi banyak yang masih belum tidur karena pada gibah.

Junior P4BC

Junior P4BC merupakan sebuah kegiatan kompetisi basket antar Sekolah Dasar (SD)  yang secara rutin diadakan oleh sekolah kami di lingkungan Sidoarjo dan Surabaya.  Di tahun 2019 kegiatan ini berlangsung dari tanggal  9 sampai 13 September 2019. Dalam pertandingan pembukaan mempertemukan antara SD Kristen Petra 10 vs SD Kristen Petra 09 yang berlangsung seru dan menegangkan. Kedua tim juga didukung oleh masing-masing supoter yang memberikan semangat agar dapat melalui pertandingan dengan maksimal.

 
ft_jrp4bc.jpgjr_pbbc2.jpgft_jrpfbc1.jpg

Junior P4BC dilaksanakan menggunakan sistem gugur, sehingga setiap tim tampil maksimal memberikan hasil terbaik bagi sekolahnya. Walau demikian dalam sebuah pertandingan tentu ada yang kalah dan ada yang menang. Apapun hasilnya semua tim yang bertanding dapat menerima hasil pertandingan dengan lapang dada dan suportif, bahkan kegagalan yang dialami saat ini hanyalah sebuah kesuksesan yang tertunda.

Puncak dari Junior P4BC 2019 adalah pertandingan final yang memperebutkan peringkat 1 dan 2 antara tim SD Kristen Petra 13 versus  SD Kristen Petra 10. MC memanggil starting five dari SD Kristen Petra 13 dilanjutkan SD Kristen Petra 10. Priiiiiittt...peluit panjang dibunyikan  pertanda quarter pertama pertandingan final dimulai. Kedua tim bermain lincah, energik, dan semangat dengan strategi yang dirancang oleh masing-masing pelatih, namun dalam pertandingan quarter pertama SD Kristen Petra 10 mampu mengunggulinya. Pertandinganpun dilanjutkan diquarter kedua, dan lagi-lagi usaha yang dibangun oleh SD Kristen Petra 13 belum mampu menyamakan atau melampaui poin yang sudah raih SD Kristen Petra 10, akhirnya tim SD Kristen Petra 10 keluar sebagai sang juara.

Selamat untuk tim SD Kristen Petra 10 Sang Juara Junior P4BC 2019. Meminjam  sebuah kalimat yang pernah disampaikan legenda basket dunia Michael Jordan; “Talenta dapat memenangkan berbagai permainan, namun sebuah kerjasama tim dan juga kecerdasan intelektual dapat memenangkan berbagai kejuaraan”. Semoga semua pertandingan dan perjuangan adalah pelajaran yang sangat berharga bagi setiap tim. Sampai jumpa di tahun depan!

 

Shellomitha Aurelia Gunawan  7-4

boost the values reap the success