| |

Pengendalian Diri

Kegiatan PKK dengan tema” Mengendalikan diri” sangatlah menarik bagi kami. Wali kelas kami telah menyampaikan sebelumnya, bahwa akan ada sesi debat. Wali kelas kami lalu membagi siswa untuk masuk kedalam tim pro dan tim kontra, moderator, dan time keeper. Kami semua langsung mencari bahan debat. Tema debat kali ini adalah “ Sekolah memblokir Penggunaan Youtube”. Sesi debat ini sangatlah seru dan menyenangkan. Makna dari debat yang dapat kami terima adalah berani berpendapat di muka umum, dan tetap mengendalikan diri untuk tidak menyela pembicaraan bila kita tidak setuju, tidak saling menghina dan tidak mengejek pendapat orang lain.

Satu minggu setelahnya dalam acara PD siswa & kreativitas, kami bersekutu bersama untuk memuji Tuhan, berdoa, dan mendengarkan firman Tuhan. Persekutuan Doa berjalan sangat baik. Kami dapat lebih dalam memahami arti mengendalikan diri yang sebenarnya. Seperti kata Bunda Teresa,” Jauh lebih mudah mengalahkan suatu negara dari pada mengalahkan diri sendiri”. Memang , bagi kami mengendalikan diri tidaklah mudah. Tetapi kami berjuang untuk menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Sesi kedua, kami kembali ke kelas masing-masing. wali kelas kami masuk ke kelas dengan membawa satu kantong plastik berisikan tusuk gigi yang cukup banyak. Yang membuat kami penasaran. Ternyata pada sesi game ini wali kelas meminta kami untuk bergabung dalam kelompok kecil beranggotakan empat orang. Lalu, wali kelas kami membagikan beberapa tusuk gigi di setiap kelompok .

Cara bermainnya cukup mudah, genggam tusuk gigi di salah satu tangan lalu lepaskan dengan ketinggian 5 cm dari meja. Tugas kami adalah mengambil tusuk gigi satu persatu secara bergantian tanpa boleh menyenggol tusuk gigi yang lain. Setelah sesi game selesai wali kelas kami menjelaskan makna dari permainan tadi. Spotivitas, kerja sama , ketelitian, dan hati-hati sudah kami kantongi melalui game tersebut dan itu semua berhubungan dengan pengendalian diri.

Teman-teman membagikan "Mirror of Mine“. Kami berdiskusi dalam satu kelompok, merefleksi diri dan menuliskan komitmen pribadi. Kegiatan PKK ini sangat berharga bagi kami. Kami senang telah mendapatkan materi ini . Kegiatan ditutup dengan doa, dan kami pulang dengan membawa berkat bagi sesama.

pengendalian2.jpgpengendalian1.jpg

boost the values reap the success