| |

Bersikap Disiplin

Program PKK yang mengangkat topik “ Bersikap disiplin “ Topik ini dibahas dengan menampilkan slide show dan pembuatan jadwal kedisiplinan yang dilakukan oleh siswa. Setelah siswa mengetahui dasar-dasar kedisiplinan lewat slide show, siswa dibagi perkelompok besar dan diajak untuk membuat suatu jadwal kedisiplinan untuk kelas dalam jangka satu minggu.

Jadwal kedisiplinan yang dibuat dimaksudkan agar siswa mau bersikap disiplin dan tidak melanggar jadwal yang mereka buat. Contohnya kelas kami 9.3 membuat jadwal yang mereka buat misalnya “ bersepatu hitam “ atau “ mengumpulkan tugas tepat waktu “ selama satu minggu. Siswa yang melanggar jadwal itu akan mendapat poin buruk. Hal ini, mendorong siswa untuk mau membiasakan diri bersikap disiplin.

Selain itu, siswa diajarkan bahwa disiplin dimulai dari hal-hal kecil atau dari diri sendiri. Contoh sederhananya yaitu “bangun pagi”, “ Membuang Sampah pada tem-patnya”, atau “ Membersihkan kamar setiap hari “. Bila kita sudah mendisiplinkan diri kita dengan hal sesederhana itu, mungkin kita bisa semakin mudah untuk bersikap disiplin dalam segala hal.

Siswa juga diajak untuk membuat karya berupa poster dengan tema“disiplin”, poster yang dibuat merupakan karya sendiri.

Dengan membuat poster, kita diharapkan sadar diri untuk mau mulai bersikap disiplin. Tidak hanya itu saja, melalui poster kita dapat mengajak dan mendukung teman-teman.

disiplin2.jpgdisiplin1.jpg

boost the values reap the success