| |

Kebebasan Yang Bertanggung Jawab

Kebebasan memang indah namun pasti ada batasan tertentu dan disertai tanggung jawab. Pada hari sabtu, 18 April 2015 PKK kali ini mengangkat tema tentang ”Kebebasan yang bertanggung jawab ” Perasaan campur aduk antara gembira dan bingung membayangi benak para siswa.

Pada jam pertama saat wali kelas menyampaikan materi, para siswa tidak mengalihkan pandangan dari layar dan fokus mendengarkan penjelasan sehingga suasana menjadi tenang. Tema kali ini diangkat karena banyak dari kita tidak memanfaatkan secara baik terlebih menyalahgunakan kebebasan yang sudah Tuhan berikan. Contoh sederhana dapat dibuktikan banyaknya siswa yang sering melanggar peraturan sekolah.

Ditengah-tengah pleno, wali kelas sesekali mengajak kami untuk merefleksi diri. Agar kami mau dan mampumenyadari bahwa kebebasan yang kita miliki dapat dipergunakan secara bertanggung jawab. Kebebasan yang kita miliki digunakan, sebagai sarana untuk menggali dan mengembangkan potensi yang ada dalam diri kita. Pada sesi kedua, kelas dibagi secara berkelompok.

Setelah kelompok itu terbentuk salahsatu siswa dari setiap kelompok diberikan tugas khusus. Salah satu siswa dari setiap kelompok diminta untuk mengobservasi kelompok yang ditunjuk oleh implementer. Hal yang diobservasi adalah sikap yang bertanggung jawab, dan sikap yang tidak bertanggung jawab atas kebebasan yang diberikan implementer selama kegiatan. Sebelumnya wali kelas telah memberitahu pada kami untuk membawa bahan-bahan pembuatan papercraft. Setiap kelompok diberi kebebasan untuk memberi warna, bentuk dan gambar dari papercraft tersebut.

Kekompakan, ketelitian serta kerjasama timbul saat mengerjakan papercraft tersebut. Masing-masing dari ketua kelompok bertugas mengobservasi kinerja dari kelompok lain. Karena asyik mengerjakan tak terasa waktu sudah menunjukkan 09.45. Kami bergegas membersihkan meja dan lantai tampa meninggalkan kotoran sedikitpun. Ketua kelas menutup dengan doa pulang. Sebagai akhir perjumpaan hari ini.

Pendidikan karakter Kristiani ini masih berbekas dalam hati kami masing-masing bagaimana bertanggung jawab atas kebebasan yang telah Tuhan berikan.

kebabasan1.jpgkebabasan2.jpg

boost the values reap the success