| |

MEC 2019

IMG 1382

MEC 2019 atau Mathematic Education Competition 2019 adalah sebuah lomba matematika tingkat SMP yang di selenggarakan oleh Universitas Kanjuruan Malang. Saya tertarik dan memutuskan untuk mendaftar dan mengikuti lomba tersebut. Karena rayon saya masuk dalam satu rayon di kabupaten Pasuruan maka saya mengikuti babak penyisihan di sana.

Ketika babak penyisihan berlangsung, bertepatan dengan pelaksanaan Penilaian Tengah Semester di sekolah kami, sehingga awalnya saya sempat ragu, apakah nantinya bisa mengikuti lomba ini dengan maksimal. Walau demikian saya tetap mengikuti lomba ini dengan mengerjakan soal-soal yang diberikan. Setelah beberapa hari hasil penyisihan diumumkan, ternyata nama saya masuk dalam 3 peserta yang terpilih dari tiap rayon. Ternyata Tuhan menghendaki untuk melanjutkan ke babak semifinal.

Waktu berlalu cepat, tibalah saatnya semifinal. Ketika waktu mengerjakan saya sempat bingung dengan maksud soalnya, sehingga ragu apakah jawaban saya dalam hitungan itu benar. Tapi yakin dan pasrah bahwa maksud soal itu benar seperti yang saya pikirkan. Ketika selesai babak semifinal, pengumuman hasil semifinal disampaikan dan hasilnya saya menempati peringkat ke 3 sehingga melanjutkan ke babak final.

Tibalah saatnya yang menegangkan yaitu babak final, terdiri dari sesi cerdas cermat dan sesi presentasi. Saat sesi cerdas cermat saya merasa beberapa kali saya kalah cepat dengan peserta lain dalam perebutan jawaban, namun bersyukur poin saya masih unggul walupun selisinya sangat tipis. Akhirnya sampailah pada sesi yang terakhir yaitu presentasi. Pada sesi ini saya bisa melaksanakan presentasi dengan baik saat menjawab pertanyaan dan menyampaikan hasil pekerjaan saya. Beberapa saat kemudian pengumuman hasil final dibacakan, saya bergetar menantikan hasil pengumuman itu, dan akhirnya saya bersyukur menjadi juara 1 dan berhak memenangkan piala bergilir Gubernur Jawa Timur tahun 2019. Saya bersyukur kepada Tuhan atas berkatnya, dan juga guruku dan orang tuaku yang telah mendukungku.           

 

Albert Ariel Putra 9-4

boost the values reap the success